TRANSLATE

Wednesday, August 19, 2015

WASPADA PENYAKIT AKIBAT KESEMUTAN




Hai Sahabat De'Blog pernah kesemutan??.... Hmm penyakit ini sangat merakyat, hampir semua pasti pernah mengalami kesemutan dengan gejala yang berbeda-beda. Ada akibat kelamaan duduk bersila atau mungkin salah duduk. Kesemutan itu sendiri biasanya masyarakat awam bilang karena pembuluh darah kegencet atau terjepit atau nama medisnya arteri perifer namun ada juga namanya penyakit kesemutan yaitu Paresthesia. Paresthesia adalah sensasi abnormal berupa kesemutan, tertusuk, atau terbakar pada kulit yang umumnya dirasakan di tangan, kaki, lengan, dan tungkai. Parestesia dapat bersifat sementara maupun bisa kronik.

Penyakit Akibat Kesemutan 

Nah bicara soal penyakit kesemutan ini ternyata bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu kita harus kenali kesemutan yang terjadi pada diri kita. Jika diakibatkan oleh kesalahan duduk atau akibat dingin yan mungkin masih bisa dibilang biasa. Tetapi jika kesemutannya tidak jelas asalnya patut dicurigai anda bisa terkena penyakit kronis. Lebih baik anda konsultasikan dulu ke dokter. Nah langsung saja penyakit-penyakit akibat kesemutan yang mungkin bisa dibilang kronis :

1. Stroke
Ternyata kaki kesemutan bisa di jadikan sebagai indikasi anda mengalami stroke. Hal itu dapat saja terjadi karena salah satu faktor terjadinya stroke adalah terganggunya saraf anda, sedangkan kaki kesemutan juga terjadi karena terganggunya saraf anda.

2. Jantung
Penyakit jantung juga terjadi karena adanya komplikasi pada jantung dan sarafnya. Lagi-lagi saraf sangat berpengaruh terhadap beberapa penyakit. Biasanya terjadi sumbatan darah di otak tepat pada bagian sensorik, dan bila itu terjadi penderita akan merasakan kaki kesemutan pada salah satunya.

3. Rematik
Rematik juga dapat terjadi dengan kaki kesemutan sebagai indikasinya. Karena rematik terjadi karena ada faktor saraf juga. Jika anda mengalami ini, anda tidak perlu khawatir, jika rematik anda hilang otomatis kesemutan anda juga akan hilang.

4. Diabetes (Kencing Manis)
Pada penderita diabetes, kesemutan adalah salah satu gejala terjadinya kerusakan pada pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Biasanya gejala yang dirasakan seperti rasa nyeri dan terasa menusuk-nusuk pada bagian kaki.

Pengobatan

Jika kesemutan akibat akibat salah duduk atau olahraga keras pengobatan hanya luruskan kaki atau dengan pijat-pijat sedikit di daerah yang kesemutan dengan menggunakan saleb ataupun balsem. Namun jika kronis sebaiknya hubungi Dokter supaya dapat penanganan lebih tepat. 

Itulah beberapa penyakit yang diakibatkan oleh kesemutan. Ternyata kesemutan ini tidak bisa dipandang remeh penyakitnya. Untuk menghindari terjadi itu semua, usahakan untuk menjalankan pola hidup sehat dengan makan yang sehat serta olahraga yang cukup agar anda hidup sehat dan terhindar berbagai macam penyakit. Sekian dari De'Blog, jika ada kurang informasi saya mohon maaf dan terima kasih sudah berkunjung di halaman saya...

No comments:

Post a Comment