TRANSLATE

Thursday, August 20, 2015

9 MANFAAT MEMINUM TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN



Hai Sahabat De'Blog siapa yang suka teh??.. Ya teh merupakan minuman yang sangat digemari masyarakat di Indonesia bahkan di Dunia. Namun kali ini saya akan bahas tentang teh hijau. Teh yang dikenal berasal dari Jepang ini sekarang mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena khasiat yang sangat banyak. Nah apa saja sich khasiatnya, saya akan beri penjelasannya.


Khasiat Dari Teh Hijau

1. Mengurangi Kolesterol dan Mencegah Penyakit Jantung
Teh hijau jepang membantu mencegah kerusakan jantung dan penyakit stroke pada seseorang yang mengalami hipertensi. Tentunya dengan cara menurunkan kadar kolesterol tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Kandunyan tannin dalam teh hijau inilah yang mampu mengurangi Kolesterol jahat LDL (Low-Density Lipoprotein) di dalam tubuh. Karena LDL ini akan membuat plak di dalam pembuluh darah jantung yang mengakibatkan serangan jantung. Di samping itu keistimewaan teh ini adalah memperkecil angka kematian akibat kerusakan jantung dengan mempercepat proses pemulihan sel-sel pada jantung.

2. Menurunkan Berat Badan
Bagi yang mengalami obesitas teh hijau sangat baik membantu menurunkan berat badan anda. Teh hijau akan membantu proses metabolisme alami tubuh dan membantu pembakaran lemak yang menumpuk pada bagian perut, paha, lengan dan bagian yang mudah menampung lemak pada tubuh lainnya. Rutin konsumsi teh hijau perhari dalam membakar hingga 70 kalori dalam waktu satu hari pula dan membantu menurunkan berat badan hingga 7 kg dalam satu tahun. Walaupun sedikit, anda bisa mengkombinasikan program diet dengan rutin berolahraga serta menghindari makanan berlemak.

3. Mencegah Diabetes
Teh hijau merupakan minuman herbal kesehatan yang dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula pada seseorang yang menderita diabetes ataupun tidak. Rutin minum teh herbal dari jepang ini akan menetralkan kadar glukosa dalam darah dan menyeimbangkan tingkat metabolisme tubuh asal mengkonsumsinya dengan gula rendah kalori.

4. Menjadikan Kulit Sehat Serta Awet Muda
Antioksidan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya,  seperti Vitamin C dan vitamin E. Vitamin ini bisa diperoleh dari meminumnya. Penggunaan kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang sangat baik, karena hal ini akan mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

5. Mencegah Kanker
Teh hijau mempunyai peranan dalam tubuh sebagai antioksidan yang 100 kali lebih kuat daripada vitamin C dan 24 kali lebih efektif dari fungsi vitamin E. Ini akan menyokong tubuh anda terhindar atau terlindungi dari penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya sel kanker akibat radikal bebas.

6.Meringankan Gejala Asma
Bagi orang yang memiliki masalah asma yang berat, teh hijau ini sangat berguna karena mengandung teofilin, yang dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial dan saluran pernafasan anda, sehingga mengurangi keparahan asma. Teh hijau juga mengurangi kepekaan terhadap alergi, sehingga menjaga reaksi asma terhadap setiap alergi.

7. Mencegah Osteoporosis
Kepadatan tulang yang rendah adalah masalah umum para lansia dan kaum wanita terutama setelah menopause. Osteoporosis menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh. Kandungan fluoride yang tinggi dalam teh hijau akan membantu menjaga tulang yang kuat dan memperlambat kerusakannya, sehingga mengurangi kemungkinan terkena masalah seperti osteoporosis.

8. Mengatasi Keracunan
Keracunan makanan disebabkan oleh banyaknya bakteri berbahaya dalam makanan tersebut. Dari hasil penelitian terhadap teh hijau, telah ditemukan adanya senyawa Catechin yang mampu membunuh bakteri yang masuk pada tubuh karena makanan yang tidak sehat dengan kata lain membasmi racun yang memicu keracunan terhadap makanan.

9. Memberikan Efek Tenang
Walaupun teh hijau mengandung kafein sama dengan kopi, akan tetapi kafein teh hijau lebih rendah dan mampu menjadikan efek tenang dan meningkatkan konsentrasi anda. Di dalam teh hijau terdapat asam amino bernama L-thanine yang membantu meringankan stres dan kecemasan pada seseorang. Dengan kata lain bila anda mempunyai sensitifitas kafein, maka teh hijau merupakan solusi yang tepat sebagai pengganti kopi.

Nah itu saja tips tips manfaat kesehatan teh hijau menurut De’Blog. Sebaiknya anda mulai rutin mengkonsumsi teh hijau ini karena memiliki manfaat yang sangat banyak selain yang disebutkan diatas. Ingat minumlah dengan teratur serta jangan berlebihan, karena apa yang berlebihan tidak baik di dalam tubuh anda. Semoga sehat selalu dan terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share jika bermanfaat.

No comments:

Post a Comment