TRANSLATE

Tuesday, August 18, 2015

9 TIPS MENGATASI BAU BADAN

Hai sahabat De'Blog kali ini saya akan membahas tentang bau badan. Hmm siapa sih mau badannya bau apalagi kita sedang bercengkrama dengan seseorang tiba-tiba lawan bicara menutup hidungnya bahkan menjauh, nah itu dah berarti anda kalo ga mulut anda yang bau berarti badan anda yang bau... Bau badan ini merupakan suasana yang sangat annoying menurut saya, biasanya kita tidak sadar bahwa badan sendiri yang  bau tetapi orang lain yang nyium bau badan kita. 


Penyebab Bau Badan

Nah bicara soal bau badan pasti tidak jauh dari pola kehidupan sehari-hari apakah makanan, lifestyle, dan lain sebagainya. Yang paling bisa menyebabkan bau badan adalah makanan. Makanan yang menyebabkan bau badan antara lain bawang (semua jenis bawang), pete, jengkol, daging merah (kambing, sapi, bahkan ikan), makanan pedas dan makanan yang berbau menyengat lainnya. Yaa.. ane buktikan sendiri ane makan sate kambing pada malam hari keesokan harinya pas bangun seluruh badan terasa seperti bau kambing. Dari segi lifestyle pasti ketahuan akibat jarang mandi...Hahaha penyakit jarang mandi ini kalo ga mahasiswa pasti gamer. Jarang mandi bisa membuat keringat yang tidak dibersihkan sehari-hari akan ditinggali oleh bakteri bahkan jamur yang akan menimbulkan bau badan. Selain makanan dan gaya hidup, ada penelitian dari Philadelphia AS, menyebutkan bahwa bau badan tersebut diakibatkan oleh penyakit yang namanya trimethylaminuria (TMAU). Trimethylaminuria adalah ketidakseimbangan genetika yang mengakibatkan seseorang memiliki bau badan yang tidak enak dan asem. Penderita TMAU tidak mampu mengolah zat kimia choline yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga menghasilkan bau badan tak sedap. Berarti dapat disimpulkan Bau badan ini penyebabnya meliputi banyak aspek dari makanan, gaya hidup dan penyakit akibat gen.

Solusi Menghilangkan Bau Badan
  1. Rajinlah anda mandi. Mandi mampu mengusir bau badan hingga 80 % dengan cara mandi yang benar. Bersihkan sumber sumber bau seperti ketiak dan maaf (area kemaluan). Jika area ini terkena keringat pasti menimbulkan bau yang tidak sedap, Percayalah. Apalagi sehabis olah raga ya harus wajib mandi karena pasti banyak keringat ya harus dibersihkan lah supaya kuman dan bakteri tidak tumbuh...
  2. Jaga pola makan. Nah ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Selain menghilangkan bau badan jaga pola makan bisa menjaga kesehatan anda. Kurangi makanan yang berdaging merah dan berbau menyengat (ingat kurangi bukan ga boleh ... :D).
  3. Rajinlah memakan Vitamin C. Vitamin C mampu sebagai anti bakteri serta bisa menjaga kulit anda tetap sehat dan segar. Sumber Vitamin C antara lain Jeruk, Lemon, Tomat dan lainnya. 
  4. Konsumsi susu dan yogurt. karena mampu menjaga bakteri usus bawah. selain itu mengkonsumsi susu dan yogurt dengan jumlah yang cukup  baik menjaga kesehatan anda.
  5. Spa dan terapi. Spa juga bisa membuat badan lebih wangi karena di dalam Spa pasti ada paket-paket menarik yang dibuat oleh pemilik Spa untuk membuat badan anda lebih relax dan harum.
  6. Kurangi olah raga malam. Yah ini pasti ke mahasiswa lagi, kalo tidak futsalan ya badmintonan. Ini terbukti jika anda berolah raga malam, setelah olah raga pasti akan malas mandi karena capek . Nah ini kembali ke point pertama penjelasannya. 
  7. Jangan berada di tempat yang berbau seperti dekat tempat sampah, deket pembakaran dan lainnya. Ini saya jelaskan karena bau tersebut akan residu ke dalam baju anda sehingga itu yang menyebabkan bau. Coba anda berdiri dekat bakar sate, cium baju anda pasti bau asap. Percayalah.
  8. Gunakan pakaian yang baik dan tepat. Maksudnya gunakanlah pakaian yang nyaman yang membuat tubuh kita bisa bernafas misalnya pakaian yang berbahan katun yang dapat membuat keringat menguap secara alami. Hindari penggunaan pakaian sempit dengan bahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak. 
  9. Gunakan pewangi. ya ini mampu menyamarkan bau badan akan tetapi jangan banyak-banyak sayangi organ penciuman anda karena pewangi atau parfum rata-rata terbuat dari bahan kimia.
Nah itu saja tips tips mengatasi bau badan menurut De’Blog. Sebaiknya anda kenali asal bau badan anda dan jaga pola hidup anda agar sehat dan bugar. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share jika bermanfaat.

No comments:

Post a Comment