TRANSLATE

Sunday, August 16, 2015

9 TIPS MENGATASI EFEK NEGATIF RADIASI HANDPHONE



Hai Sahabat De’Blog dalam kehidupan modern ini pasti ga jauh dari namanya Gadget seperti handphone dan lainnya. Bahkan ada sampai ada fanatik  hingga menghabiskan waktu satu hari mantengin handphone terus. Akan tetapi kita jarang mengetahui efek negatif dari handphone tersebut. Bahaya radiasi handphone tersebut dalam sebuah panel diskusi yang digagas WHO disimpulkan bahwa telepon seluler atau handphone ini bersifat karsinogenik. Sehingga diperlukan pembelajaran untuk mengatasi bahaya radiasi hand phone bagi kesehatan manusia.

Efek Negatif Radiasi Handphone Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Bicara soal radiasi sebenarnya orang awam hanya mengetahui bahaya dari Radiasi sinar matahari saja. Akan tetapi handphone merupakan salah satu menghasilkan radiasi yang sangat berbahaya selain radiasi sinar matahari. Bahaya atau efek negatif radiasi handphone ditengarai bisa menimbulkan sejumlah penyakit dan kelainan kesehatan misalnya, tumor otak. Tumor otak merupakan sejenis penyakit tumor yang menyerang otak dan sulit dideteksi secara dini. Biasanya tumor otak menyerang orang dewasa atau usia produkstif, meskipun begitu pada dasarnya penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Karena otak merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting maka penyakit ini dapat mengganggu organ lain dalam waktu singkat. Kedua kanker. Kanker adalah sejenis penyakit yang ditimbulkan oleh sel yang tumbuh / membelah diri secara tidak wajar dan tidak terkendali, dan menyerang jaringan di sekitarnya atau jaringan di tempat lain dengan melalui aliran darah. Ketiga Alzheimer. Alzheimer adalah sejenis penyakit neurologis yang ditandai dengan menurunnya kemampuan daya ingat dan kemampuan menilai sesuatu, dan penurunan tersebut sangat mempengaruhi perilaku serta aktifitasnya sehari- hari. Bahkan ada studi menyebutkan bisa menyebabkan Mandul pada kaum Pria dikarenakan bisa mematikan sel sperma didalam kantong sperma (testis) sehingga sperma akan susah diproduksi.

Mengatasi Bahaya Radiasi Handphone

Nah ngeri bukan penyakit yang ditimbulkan oleh radiasi ini... Bukannya ga boleh sekarang make handphone.., Tentu saja Boleh akan tetapi harus ada pengendalian diri jangan selalu gila BBM lah, Skype, FB dan lainnya ingat kamu itu masih punya waktu luang yang banyak gunakanlah dengan baik supaya hidup dapat berkualitas.  Nah untuk mengatasi bahaya radiasi handphone De’Blog punya 9 tips yang perlu diketahui :

1.  Gunakan tutup (casing) anti radiasi handphone. Di pasaran sekarang ini banyak ditawarkan berbagai produk untuk mengurangi bahaya radiasi handphone, mulai dari stiker anti radiasi handphone hingga casing khusus untuk smartphone yang radiasinya cukup tinggi. Lebih baik pasanglah anti radiasi tersebut.  Hal ini mampu mengurangi radiasi walaupun dalam jumlah sedikit.
2.  Memakai speaker atau loadspeaker saat menelepon atau menerima panggilan. Hal ini akan mengurangi energi atau tingkat bahaya radiasi handphone. Demikian juga, semakin jauh anda dari antena handphone, akan semakin rendah tingkat radiasinya. Kabel headset pada banyak ponsel juga bisa bertindak sebagai antena, dan dapat mengirimkan sejumlah radiasi elektromagnetik ke pengguna handphone. Maka dari itu tidak terlalu disarankan menggunakan headset walaupun lebih aman sedikit daripada kontak langsung.
3.  Lebih baik menggunakan via SMS. Mengirim teks via SMS akan membatasi durasi paparan bahaya radiasi hand phone, dan menjaga jarak handphone dari kepala dan tubuh kita. Jika melalui mengirim pesan melalui sosmed tidak terlalu di sarankan soalnya sosmed tersebut bakalan banyak memerlukan sinyal, sehingga dampak radiasi kemungkinan ada.
4.    Handphone jangan langsung ditempel ditelinga jika koneksi belum tersambung. Setelah menekan tombol nomor handphone yang dituju, tunggu beberapa saat sampai ada indikator tersambung.  Saat itu, handphone itu sedang mengirimkan sinyalnya yang terkuat karena sedang berusaha untuk terkoneksi.
5.  Jika handphone tidak digunakan lebih baik dimatikan semua koneksi menjadi offline. Sehingga mampu memutus aliran sinyalnya tersebut. Dan jika ingin broswer lagi baru dihidupkan lagi.
6.  Nah untuk kaum laki-laki hindari menaruh handphone di saku celana. Dalam suatu studi, diketahui bahwa pria yang membawa telepon selulernya di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana. Setiap bagian dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang. Lebih baik menggunakan tas kecil untuk meletakan handphone jika bepergian keluar rumah.
7. Setelah saku celana, hindari juga meletakan handphone di saku baju. Ini bisa membahayakan jantung dan organ yang ada di dada. Coba buktikan sendiri letakan handphone di saku dada pasti detak jantung makin cepat. Dan sebaiknya tidur handphone jangan diletakan di dekat kepala saat tidur. Ini mampu pemicu kanker otak secara bertahap.
8.  Memakai handphone sebaiknya di ruang yang luas. Jangan memakai handphone saat mengemudi, karena selain bahaya radiasi, ini bisa membahayakan keselamatan anda maupun pengguna lain di jalan raya.
9.    Nah yang terakhir tidak lain adalah pergunakan secara bijak bila diperlukan saja. Anda tidak perlu terlalu terlalu hypersosialita di dumay. Malahan selain bahaya radiasi, orang lain yang liat merasa jijik melihat tingkah laku anda di sosial media. Itu pasti anda tidak pernah sadari kan. Percayalah.


Nah itu saja tips tips mengatasi radiasi dari handphone menurut De’Blog. Rasanya masih banyak bahaya smartphone yang perlu dikaji lebih dalam serta cara mengatasinya. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share jika bermanfaat.

No comments:

Post a Comment